Aneka Resep Kue Basah Kukus Tradisional Dan Terbaru Paling Enak

Aneka Resep Kue Basah Kukus Tradisional Dan Terbaru Paling Enak
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : RESEP KUE RESEP KUE BASAH

Resep Kue Basah terbaru Dan Gambarnya - Ketika sedang ada hajatan di rumah, biasanya para ibu akan bingung tamunya diberikan suguhan apa. Mencoba untu memberikan kue basah bisa menjadi alternatif yang bisa digunakan. Namun, dari pada membeli kue setiap kali ada acara di rumah lebih enak jika anda membuatnya sendiri. Selain irit, anda juga bisa membuatnya setiap saat untuk jadi cemilan keluarga anda. Kue kukus basah berbeda dengan kue kering sebab rasanya lebih enak dan memiliki tekstur yang lembut. Memilih kue kukus untuk dibuat sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kumpulan Aneka Resep Kue Basah Kukus Tradisional Dan Terbaru Paling Enak

Berikut ini ada aneka kue basah dan cara membuatnya yang bisa anda coba di rumah.

1. Resep Kue Basah Putu Bambu keliling

Resep Kue Basah Putu Bambu keliling
Sudah pernah makan putu bambu? Rasa yang khasnya membuat semua orang suka dengan kue basah tradisional yang satu ini. Tetapi jika dilihat sekilas cara membuat kue putu ini sulit dilakukan, sebenarnya tidak sulit anda bisa membuatnya dengan mudah. Berikut ini resep kue basah untuk dijual putu yang bisa anda coba di rumah:

Bahan – bahan resep kue basah putu bambu

Bahan utama:
  • Beras putih 500 gram
  • Gula jawa 100 gram
  • Air 100 ml
  • Kelapa secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara memasak resep putu enak

Setelah semua bahan terkumpulkan, anda bisa mulai untuk memasaknya. Berikut cara membuat putu bambu pandan yang bisa anda ikuti cara membuatnya:
  1. Rendam beras dalam air selama satu malam kemudian giling sampai menjadi tepung.
  2. Setelah itu, siapkan panci dan rebus air sampai mendidih, jika sudah anda bisa memasukkan garam, daun pandan, dan aduk sebentar. Angkat dan diamkan sampai jadi hangat.
  3. Selanjutnya anda bisa memasukkan tepung beras dalam wadah dan tuangkan air pandan hangat tadi sedikit demi sedkit sembari aduk terus dengan menggunakan tangan. Lakukan sampai air dan adonan tercampur rata.
  4. Siapkan saring kasar dan saring adanan tepung beras tadi, gosok hingga keluar butiran halus.
  5. Ambil cetakan bambu dan masukkan ½ adonan tepung. Berikan lubagn pada bagian tengahnya kemudian masukan irisan dari gula merah dan tutup kembali hingga menjadi penuh dengan adonan tepung. Ratakan.
  6. Jangan lupa untuk membalik cetakkan dan simpan di atas loyang yang sudah diberi alas daun pisang. Ulangi sebanyak loyang yang bisa menampungnya.
  7. Kukus dengan menggunakan api yang besar selama kurang lebih 10 menit, angkat, dan keluarkan kue putu dari cetakannya. Ulangi sampai adonan bisa menjadi habis. Bila ingin cara membuat kue putu tanpa bambu maka pilih cetakan lainnya yang banyak di pasaran.

Cara menyajikan kue basah putu bambu

Setelah matang, anda bisa menata putu yang sudah matang pada piring cantik. Berikan taburan kelapa parut pada bagian atasnya. Putu bisa anda nikmati dengan keluarga anda.

2. Resep Kue Basah Bolu Kukus Tradisional

Resep Kue Basah Bolu Kukus Tradisional
Setelah membuat putu, anda bisa juga menyajikan bolu kukus tradisional dengan warna yang cantik dan rasa yang nikmat. Berikut ini resep kue basah terbaru dan gambarnya yang bisa anda coba di rumah:

Bahan – bahan resep kue basah bolu kukus

Bahan utama:
  • Gula pasir 200 gram
  • Tepung segitiga biru 275 gram
  • Telur 2 butir
  • Air soda 225 ml
  • Emulsifier 2 sdt
  • Baking powder ½ sdt
  • Essence vanilla ½ sdt
  • Pewarna makanan beberapa warna berbeda sesuai dengan selera

Cara membuat bolu kukus tradisional

Setelah semua bahan sudah terkumpulkan dan lengkap, anda bisa mulai untuk membuatnya. Berikut ini resep kue basah bolu kukus tradisional yang bisa anda ikuti caranya di rumah:
  1. Pertama, anda bisa mencamprukan gula, telur, dan emulsifier. Aduk sampai rata dan mengembang. JIka anda menggunakan mixer maka bisa menggunakan kecepatan tinggi selama 10 menit.
  2. Setelah sudah, tepung dan baking powder jadikan satu kemudian ayak. Campurkan dengan menggunakan sprite, aduk sampai rata.
  3. Setelah itu masukkan ayakan tepung pada adonan pertama tadi secara perlahan, mixer lagi dengan menggunakan kecepatan tinggi. Masukkan essence vanilla, mixer kurang lebih selama 15 menit sampai adonan mengembang.
  4. Setelah adonan sudah mengembang, anda bisa memilih warna yang diinginkan pada tempat yang berbeda. Kemudian berikan adonan tadi dan aduk rata sampai warnanya menjadi satu dengan adonan.
  5. Seletah itu, ada bisa mengisi cup dengan menggunakan warna yang berbeda.
  6. Kukus dengan menggunakan panci kukusan yang sudah mendidih. Kira – kira kukus selama 15 menit. Kemudian angkat.

Cara menyajikan resep kue basah bolu kukus tradisional

Setelah matang, anda bisa mengangkat bolu kukus dan sajikan dalam piring cantik. Anda bisa menyajikanya dengan minuman hangat agar terasa lebih nikmat.

3. Resep Kue Basah Apem Kukus praktis dan simple

Resep Kue Basah Apem Kukus praktis dan simple
Sudah pernah mencoba apem? Kali ini anda bisa membuat apem yang berbeda dengan apem biasanya sebab kali ini anda bisa membuat apem kukus. Cara membuat apem kukus juga tidak terlalu sulit, berikut ini resep kue basah apem kukus yang bisa anda coba di rumah

Bahan – bahan resep kue basah apem kukus

Bahan utama resep kue basah dari tepung beras rose brand :
  • Tepung beras 300 gram
  • Tepung tapioka 60 gram
  • Air hangat 200 ml
  • Santan kental 250 ml
  • Gula pasri 200 gram
  • Ragi instan 1 sdt
  • Garam ½ sdt

Cara Membuat Apem Kukus Sederhana

Setelah semua bahan yang dibutuhkan lengkap, anda bisa mulai untuk membuatnya. Berikut ini resep kue basah apem kukus tepung terigu yang bisa anda coba di rumah:
  1. Pertama, masak santan dengan menggunakan gula hingga menjadi larut. Aduk – aduk sampai jadi mendidih, angkat dan dinginkan.
  2. Setelah itu, ragi instan bisa dicairkan dengan 5 sdm air hangat dan diamkan hingga ragi bisa berbusa.
  3. Dalam wadah, anda bisa mencampur tepung beras, tapioka, air hangat, dan juga ragi yang sudah dilarutkan tadi. Uleni adonan sampai menjadi kalis, kira – kira selama 15 menit.
  4. Tambahkan tepung dengan larutan santan dan gula tadi dan aduk – aduk sampai tidak ada gumpalan dan diamkan selama 2 jam.
  5. Jika anda selera anda bisa memberikan pewarna makanan, kemudian letakkan pada cetakkan dan kukus.
  6. Kukus selama 15 – 20 menit, jika sudah matang dan angkat. itulah cara membuat kue apem putih khas banten.

Cara menyajikan resep kue basah apem kukus

Setelah matang, anda bisa meletakkannya pada piring cantik untuk disuguhkan. Sajikan bersama minuman hangat agar lebih nikmat.

4. Resep Kue Basah Utri Singkong Tradisional

Resep Kue Basah Utri Singkong Tradisional
Nah, kali ini anda bisa mencoba memasak resep kue basah utri singkong tradisional yang bisa juga anda suguhkan ketika di rumah sedang ada hajatan. Utri singkong bisa dikatakan masakan tradisional yang cukup terkenal dan banyak juga yang berniat untuk membuatnya. Berikut ini beberapa langkah untuk membuat utri singkongnya:

Bahan – bahan resep kue basah utri singkong

Bahan utama kue basah dari singkong kelapa parut:
  • Singkong degan ukuran besar 4 buah
  • Kelapa ½ butir
  • Garam ½ sdm
  • Gula merah 1 gelas, sudah diiris tipis

Cara membuat kue basah singkong yang unik tradisional

Setelah semua bahan yang dibutuhkan sudah disediakan, anda bisa mulai untuk memasaknya. Berikut ini resep kue basah singkong kukus yang bisa anda coba:
  1. Pertama, anda bisa memarut kelapa dan singkong, kemudian campurkan kedua parutan tersebut. Berikan garam dan juga gula merah pada parutan singkong dan kelapa.
  2. Setelah menjadi rata, anda bisa membungkus adonan dengan menggunakan daun pisang.
  3. Kemudian kunci dengan melipat bagian ujungnya dan kukus sampai matang.

Cara menyajikan resep kue basah singkong rebus atau kukus tadi

Setelah matang, anda bisa menyajikannya pada piring cantik, dan suguhkan pada tamu yang sedang berkunjung di rumah anda. Tidak hanya untuk tamu, tetapi juga bisa digunakan untuk keluarga anda di rumah. Itulah cara membuat utri singkong.

5. Resep Kue Basah Putu Ayu Tradisional

Resep Kue Basah Putu Ayu Tradisional
Selain mencoba memasak kue bolu kukus, anda juga bisa mencoba kue putu ayu yang juga salah satu kue tradisional. Berikut ini resep kue praktis untuk dijual di warung seperti putu ayu yang bisa anda coba di rumah:

Bahan – bahan resep kue basah putu ayu tradisional

Sebelum mengaplikasikan cara membuat kue putu cangkiri, piring atau adonan lainnya siapkan dulu baan ini
  1. Bahan utama resep kue basah praktis:
  2. Telur 2 butir
  3. Gula pasir 150 gram
  4. Tepung terigu 200 gram
  5. Santan 200 ml
  6. SP 1 sdt
  7. Pewarna hijau 2 tetes
  8. Kelapa parit yang masi muda secukupnya
  9. Garam secukupnya

Cara membuat kue basah putu ayu tradisional

Setelah semua bahan dikumpulkan dan lengkap, anda bisa mulai untuk membuatnya. Berikut ini cara membuat kue putu tanpa bamboo ncc yang caranya bisa anda ikuti.
  1. Kocok gula, telur, dan juga SP sampai mengembang, kira – kira sekitar 15 menit.
  2. Setelah itu anda bisa memasukkan terigu berselang seling dengan santan sedikit demi sedkit hingga habis. Kemudian aduk dengan menggunakan spatula sampai jadi tercampur rata.
  3. Jika sudah, anda bisa memberikan pewarna hijau dan aduk lagi.
  4. Pada loyang yang sudha diolesi dengan minyak sayur anda bisa menata kelapa parutnya. Tekan – tekan kelapa prut hingga rapi.
  5. Setelah itu, anda bisa menuangkan adonan ke loyang dan kukus didandang yang sudah dipanaskan sebelumnya.
  6. Tutup dandang dan berikan lapisan lap bersih agar uap tidak menetes ke dalam adonan kue.
  7. Jika sudah matang anda bisa mengangkatnya.

Cara menyajikan resep kue basah putu ayu tradisional

Setelah matang, anda bisa mengeluarkan dari citakan dan letakkan pada piring cantik. Sajikan dengan ditemani air minum hangat agar rasanya lebih nikmat.

6. Resep Kue Basah Kukus Singkong Rainbow

Resep Kue Basah Kukus Singkong Rainbow
Menyuguhkan makanan untuk tamu di rumah dengan sesuatu yang cantik dan unik akan membuat tuan rumah merasa senang. Bolu kukus singkong rainbow bisa menjadi salah satu cara yang bisa anda coba. Resep kue basah bolu singkong rainbow ini bisa anda coba buat di rumah;

Bahan – bahan resep kue basah bolu singkong rainbow

Bahan utama kue basah modern pelangi :
  • Singkong 500 gram, parut dan peras
  • Kelapa sedang ½ butir dan parut
  • Garam 1 sdt
  • Telur 4 butir
  • SP 1 sdt
  • Margarine 150 gram, lelehkan
  • Pewarna makanan merah kuning hijau dan beberapa warna lainnya 2 tetes
  • Gula pasir 200 gram

Cara memasak kue basah bolu kukus singkong pelangi

Setelah semua bahan terkumpulkan, anda bisa mulai untuk membuatnya. Berikut ini resep kue basah kue basah modern bolu kukus singkong rainbow yang bisa anda coba:
  1. Pertama, anda bisa mencampurkan singkong yang sudah diperas dengan parutan kelapa dan juga garam. Aduk sampai rata kemudian anda bisa menyisihkannya.
  2. Kocok telur, gula pasir, dan juga SP sampai jadi mengembang.
  3. Setelah itu, masukkan campuran singkong, kelapa, dan aduk mixer dengan menggunakan mixer.
  4. Masukkan margarine yang sudah dilelehkan kemudian aduk lagi dengan menggunakan spatula
  5. Bagi adonan menjadi 5 bagian, dan berikan warna masing – masing.
  6. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarine dan berikan alas kertas roti.
  7. Masukkan adonan ke dalam loyang satu persatu dari masing – masing warna.
  8. Kukus selama 5 -7 menit pada masing – masing warna, setelah itu anda bisa mengukusnya selama 20 – 25 menit. Untuk tahu anda bisa menusuknya agar tahu sudah matang apa belum.
  9. Jika sudah matang angkat.

Cara menyajikan resep kue basah bolu kukus singkong rainbow

Setelah matang, anda bisa menatanya di piring cantik. Kemudian pada bagian atasnya taburi keju, dan potong sesuai selera. Bolu kukus singkong rainbow sudah siap untuk disajikan.
Baca juga resep masakan ini:Resep Bakso Sapi Asli Dan Ayam Kenyal Spesial Dan Resep Kuahnya.

7. Resep Kue Basah Pais Waluh Terbaru

Resep Kue Basah Pais Waluh Terbaru
Sudah pernah dengar tentang pais waluh? Pais waluh atau yang bisa dibilang kue labu kukus ini bisa jadi salah satu suguhan ketika anda sedang memiliki hajatan. Untuk membuat resep nagasari labu kuning juga tidak sulit, berikut ini resep kue basah pais waluh yang bisa anda coba.

Bahan – bahan resep kue basah pais waluh

Bahan utama kue basah modern ini:
  • Labu kuning 6 gram
  • Tepung beras 200 gram
  • Tepung terigu 100 gram
  • Telur 1 butir
  • Gula merah 100 gram
  • Gula pasir 200 gram
  • Kelapa parut 100 gram
  • Vanili 1 sachet
  • Garam 2 sdt
  • Air panas 500 ml
  • Daun pisang secukupnya

Cara membuat pais waluh enak terbaru

Setelah semua bahan terkumpulkan anda bisa langsung membuat resep kue basah pais waluh. Berikut ini beberapa cara membuat resep labu kuning kukus daun pisang yang bisa anda coba di rumah:
  1. Parut labu dengan menggunakan parutan keju.
  2. Kemudian campurkan semua bahan dan masukkan tepung beras juga tepung terigu. Aduk sampai bahan tercampur dengan rata.
  3. Masukkan air mendidih dan aduk sampai gula merah menjadi hancur. Adonan akan jadi sedikit encer.
  4. Gulung daun pisang dengan melipat bagian ujungnya. Kemudian anda bisa memasukkan adonan perlahan dan lipat pada bagian ujungnya lagi agar tidak tumpah ke mana – mana.
  5. Kukus dalam panci yang sudah diisi air dan mendidih. Kemudian susun secara rata dan tunggu sampai benar – benar matang.
  6. Jika sudah matang, angkat dan matikan api. Itulah papais waluh labu kuing.

Cara menyajikan resep kue labu kuning bungkus daun pisang

Jiak sudah matang semuanya, anda bisa menatanya pada piring cantik. Makan selagi masih hangat akan jauh lebih nikmat, apalagi jika disuguhakan bersama minuman hangat.

Itulah beberapa aneka resep kue basah tradisional dan terbaru yang bisa anda buat di rumah dari tim Resep2masakan . Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.